karya seni desain "THE HEART KILLER"

 


THE HEART KILLER. Adalah salah satu karya seni desain yang saya buat sendiri, karya ini saya buat menggunakan perasaan saya pada saat itu karena perasan saya yang sudah mulai resah dan kesal di karenakan habis diputus kan hubungan oleh mantan saya. Jika saya hanya melampiaskan nya dengan mendengarkan lagu saja mungkin sudah mainstream tapi karena saya anak dkv saya membuat nya dengan sebuah karya.

Mulanya saya berfikir “desain apa yang cocok dengan kondisi saya saat ini” sambil memikirkan sebuah karya ditemani oleh beberapa teman saya, rokok dan secangkir kopi hitam akan memperlancar pembuatan karya sakit hati ini, alhasil tidak ada satu pun apa yang menjadi landasan refrensi saya untuk mebuat karya ini. Setelah mereka pulang dan mulai membereskan semua bekas dan sampah nongkrong tadi lalu mulai masuk kamar dan mematikan lampu, saya kemabali mendengarkan music music galau yang saya pilih diantara nya adalah joy division-love will tear us appart, radiohead-high and dry, the cranbeeris-linger, PIXIES-WHERE IS MY MIND, BOY PABLO-SICK FELLING, M2M-THE DAY YOU WENT AWAY,  dan masih banyak lagi. Setelah meresapi beberapa lagu dan arti dari semua perasaan saya sini saya memikirkan Kembali sebuah karya desain yang akan saya buat, tapi apa? Saya pun masih bingung.

Di jam 02.00 pagi dini hari sambil scroll tiktok ide itu muncul dengan sendiri nya, ya saya akan membuat karya dengan orang menari laki laki dan perempuan dewasa yang sedang menari Bersama lalu saya bangun dan ambil satu lembar kertas kosong untuk memulai sketsa, satu sampai 5 buah sketsa telah saya buat saya coba membuat nya dengan digital mengunakan hape dengan aplikasi ibis mod/bajakan yang saya download di google. Setelah beberapa jam saya buat dan menghabiskan beberapa batang rokok dan satu cangkir kopi hitam lagi yang saya buat, agak kurang suka denga napa yang saya buat seperti tidak cocok saja atau terlalu kaku, akhirnya gambar yang saya buat tidak jadi saya pakai dan memutuskan mencari refrensi lagi.

Kebetulan saya tertarik dengan karya seni kolase, ada kawan saya dari dkv unindra juga dia bermain di seni kolase lalu langsung saja saya lihat lihat Instagram nya dia, banyak yang menarik tapi tidak ada yang refrensi yang saya inginkan, saya cari cari lagi explore instgram, pintrest dll, Sebagian ada yang cocok dengan refrensi yang saya inginkan dan saya screen capture beberapa pilihan saya.

Lalu saya mulai membuka laptop dan menjalankan software ADOBE PHOTOSOP. tiba tiba blank lagi karya apa yang saya buat, saya kepikiran seketika dengan poster film LA LA LAND. Poster itu sangat ikonik menurut saya dengan adegan dua orang menari ( Ryan Gosling, Emma Stone ) dibawah lampu taman yang tinggi. Kembali memikirkan antara tracing ulang foto itu atau hanya memotong/menghapus background nya saja, tapi setelah dipikir piker lagi kayak nya enakan di hapus saja background nya. Di karenakan waktu hampir pagi menjelang subuh saya hentikan saja sebenernya udah ngantuk juga sih hehehe.

Lalu kelanjutan dari karya sakit hati tersebut saya lanjutkan di jam sekitar 23.00 atau 00.00 menurut saya waktu yang umtuk mengerjakan sesuatu apalagi inspirasi datang dari jam jam segitu biasanya, Sebenernya saya lebih suka berkativitas jam segitu sih hehe yakan temen temen kampus pasti juga suka aktivitas jam segitu juga kan.

Sebelum memulai membuat karya tersebut saya membeli rokok dan kopi untuk menemani membuat karya seni, lanjut dengan karya kemarin tapi kayak nya lagi males banget bikin pake photosop pengen pake yang simple aja, ya betul canva adalah pilihan hahaha. Setelah memikirkan Kembali konsep nya yang (huf nulis apalagi ya hhmm bingung nulis sampe 1000 kata untuk karya seni desain otak saya udah mentok banget tulisan saya juga gak sampe 100 kata gimana ya caranya tapi saya pasti bisa kasih yang terbaik umtuk nilai saya yakan yadong kan harus optimis jadi yang terbaik masa pesimis apa yang udah saya buat ayo ayo pasti bisa ) sesuai denga apa yang saya mau keywords “pedang, jantung dan darah” jadi konsep dari karya ini adalah Wanita yang sedang menggunakan pedang di tangan nya dan pria yang sedang memegang jantung nya ada jarak antara tangang perempuan yang mengunakan pedang dan tangan pria tersebut seakan akan pria tersebut menjauhkan hatinya agar tidak dibunuh Wanita yang sedang membawa pedang.

Setelah beberapa saat saya mengerjakan karya tersebut dan meminta saran ke beberapa teman saya perihal (huf nulis apalagi ya hhmm bingung nulis sampe 1000 kata untuk karya seni desain otak saya udah mentok banget tulisan saya juga gak sampe 100 kata gimana ya caranya tapi saya pasti bisa kasih yang terbaik umtuk nilai saya yakan yadong kan harus optimis jadi yang terbaik masa pesimis apa yang udah saya buat ayo ayo pasti bisa ) mengenai karya yang saya buat dari mulai judul yang saya buat makna yang saya buat dan beberapa aspek nya. mengenai karya yang saya buat dari mulai judul yang saya buat makna yang saya buat dan beberapa aspek nya.

Rasa ini saya tuangkan dengan karya seni saya yang mewakili perasaan saya saat waktu itu membuat saya merasa terwakilkan atas apa yang telah saya buat sebagai bentuk perasaan dan beberapa segmen saya belajar membuat kolase untuk pertama kalinya.

“THE HEART KILLER”  Wanita itu ingin membunuh perasaan saya, begitulah makna tersirat dari apa yang telah saya buat. lalu saya pun berniat memposting karya seni saya di platform Instagram menggunakan caption sedemikian rupa ( maksud terselubung nya adalah agar mantan saya lihat karya seni dan caption saya hahahaha ).

Setelah saya post karya tersebut, saya mendapatkan respon yang baik dan beberapa kritikan, saran, dan masukan dari beberapa teman saya di Instagram. Hal itu saya sambut baik walaupun bukan karya yang seperti apa tapi itu membuat saya merasa keren akan hal yang saya buat atas perasaan saya sendiri.

Mungkin saya akan sering membuat karya dimulai dari pengalaman saya lalu tentang kehidupan lain selain saya mungkin juga tentang fiksi dengan menggunakan gaya seni saya sendiri.

Gaya seni yang saya buat mungkin bisa disebut aliran pop art, saya pun suka dengan gaya pop art dengan warna yang mecolok yang membuat mata melirik orang sekitar seperti pada karya karya nya andy Warhol.

Begitulah saya mengangkat karya seni desain terhadap tulisan saya, banyak cerita yang saya tuangkan dalam kary tersebut sampai lahirnya karya THE HEART KILLER.


Komentar

Postingan Populer